Membaca

Kekuatan dari Tiga: Pengetahuan Sebelumnya, Tujuan Membaca, dan Membaca Ulang

Kekuatan dari Tiga: Pengetahuan Sebelumnya, Tujuan Membaca, dan Membaca Ulang – Siapa yang suka membaca? Hal tentang membaca bukanlah misteri. Semakin banyak pembaca tahu tentang suatu topik, semakin baik pemahaman dan daya ingatnya terhadap suatu teks yang kompleks.

Baca Juga: Cara Memilih Format Resume Terbaik di 2019

Anda dapat mengajar siswa Anda untuk membangun pengetahuan mereka sebelumnya tentang teks pendek dengan menunjukkan kepada mereka bagaimana cara melihat dulu. Mulailah dengan berpikir keras. Baca judul dan tanyakan: Apa yang saya ketahui tentang topik ini? Jika jawabannya tidak seberapa, pelankan kecepatan Anda membaca bacaan itu.

Baca Juga: 8 Tips untuk Membantu Pelajar Membangun Keterampilan Membaca yang Lebih Baik

Sekarang baca paragraf pertama dan terakhir dari teks informasi dan hanya paragraf pertama dari sebuah narasi. Model dengan cara berpikir keras bagaimana Anda memiliki percakapan langsung tentang detail yang Anda ingat. Tuliskan perincian ini di papan tulis dan jelaskan bahwa menulis adalah cara terbaik untuk menilai daya ingat dan pemahaman.

Baca Juga: 4 Hal yang Dicari Perekrut pada Resume

Selanjutnya, perlihatkan kepada siswa cara menetapkan tujuan sebelum mereka membaca. Memiliki tujuan memberi siswa alasan kuat untuk membaca secara mendalam dan cermat, dan manfaatnya adalah mereka akan mengingat lebih banyak detail.

Contohkan dua cara bagi siswa untuk menetapkan tujuan membaca mereka sendiri: (1) mengubah judul pilihan menjadi pertanyaan atau (2) membaca kembali catatan pengetahuan sebelumnya untuk mengembangkan tujuan membaca.

Saat menyerahkan prosesnya kepada siswa, gunakan model rilis bertahap. Pasangkan siswa dan minta mereka melakukan pratinjau, mendiskusikan pratinjau, menulis catatan pengetahuan sebelumnya di buku catatan mereka, dan menetapkan tujuan membaca. Lanjutkan praktik kerja sama secara mitra hingga siswa dapat bekerja secara mandiri.

Baca Juga: Cara Menulis Surat Pengantar

Berbekal pengetahuan sebelumnya dan tujuan membaca, mintalah siswa membaca untuk intisari, poin utama, menjaga tujuan membaca mereka dalam pikiran. Setelah kelompok mendiskusikan intisari dan tujuan membaca mereka, meminta mereka untuk membaca ulang dan bergerak lebih dalam ke konten dan tema.

Di sinilah tempat Anda kemungkinan akan menemui perlawanan. Sudah waktunya untuk memulai diskusi tentang mengapa siswa menonton film dan video beberapa kali. “Aku melihat lebih banyak. Saya mendengar pembicaraan yang saya tidak dapatkan awalnya. Saya lebih ingat.”

“Alasan bagus,” saya memberi tahu para siswa, “dan semuanya berlaku untuk membaca ulang.” Saya suka meminta siswa kembali ke teks beberapa kali setelah pembacaan kedua.

Baca Juga: 8 Keuntungan dengan Bukti Sains dari Membaca Buku Nyata

Lakukan ini dengan menawarkan alasan otentik untuk membaca sekilas dan membaca ulang bagian-bagian seperti: membahas pertanyaan yang bergantung pada teks; membuat kesimpulan logis; menjelaskan mengapa karakter atau orang berubah; menunjukkan dengan tepat ide sentral; dan memahami bagaimana struktur teks meningkatkan pemahaman mereka.

Baca Juga: 7 Cara Membaca Menguntungkan Otak Anda 

Tiga adalah angka ajaib. Tiga strategi ini bergerak melampaui sihir untuk penelitian yang dengan jelas menggambarkan kekuatan pengetahuan sebelumnya, tujuan membaca, dan membaca ulang untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang teks-teks kompleks.

Baca Juga: 5 Cara Apa yang Anda Lakukan yang Dapat Mempengaruhi Kehidupan Anda

Itulah penjelasan tentang Kekuatan dari Tiga: Pengetahuan Sebelumnya, Tujuan Membaca, dan Membaca Ulang yang perlu Anda ketahui.