Resume

4 Hal yang Dicari Perekrut pada Resume

4 Hal yang Dicari Perekrut pada Resume – Bingung apa yang perlu dicantumkan dan dicari pada resume? Setelah berada di pekerjaan entry-level pertama Anda selama lebih dari setahun, Anda siap untuk perubahan. Anda merasa telah berhenti tumbuh di posisi Anda saat ini dan menentukan pekerjaan baru akan menjadi cara terbaik untuk memajukan karir Anda.

Baca Juga: Cara Memilih Format Resume Terbaik di 2019

Suatu hari, Anda pulang dari kantor dan menyalakan laptop Anda. Anda membuka versi terbaru dari resume Anda dan menyadari bahwa itu belum diperbarui sejak Anda memulai posisi Anda saat ini. Terkejut (dan sedikit kewalahan), Anda melihat resume ini tidak mencerminkan alamat baru Anda, prestasi dari pekerjaan Anda saat ini, atau keterlibatan masyarakat baru-baru ini.

Ketika Anda mulai mengedit resume Anda, Anda mulai bertanya-tanya, ‘Di mana saya dapat memulai?’

Saat memperbarui resume Anda (atau bahkan mulai dari awal), pikirkan dengan pertimbangan atasan di kepala. Sebuah survei CareerBuilder bulan Maret 2014 tentang sekitar 2.200 manajer perekrutan menemukan satu dari enam responden menghabiskan 30 detik untuk meninjau resume.

Baca Juga: 8 Tips untuk Membantu Pelajar Membangun Keterampilan Membaca yang Lebih Baik

Yang benar adalah Anda tidak punya banyak waktu untuk mengesankan perekrut. Manajer perekrutan hanya peduli dengan nilai yang Anda tawarkan sebagai kandidat. Berikut adalah empat hal yang akan segera diperhatikan oleh majikan ketika mereka membaca resume Anda:

1. Penelitian kata kunci

Pertama dan terutama, pengusaha ingin tahu apakah Anda memenuhi syarat untuk pekerjaan itu. Mempekerjakan manajer menghabiskan sebagian besar waktu mereka menelusuri resume untuk mengidentifikasi kata kunci yang cocok dengan deskripsi pekerjaan.

Baca Juga: 8 Keuntungan dengan Bukti Sains dari Membaca Buku Nyata

Setiap kali Anda melamar pekerjaan, hati-hati membedah riwayat pekerjaan. Buat daftar keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman yang diperlukan untuk posisi yang sesuai dengan pengalaman Anda. Setelah Anda membuat daftar, identifikasi kecocokan terkuat. Ini akan menjadi kata kunci yang akan Anda gunakan di seluruh resume Anda.

2. Bumbui keterampilan Anda

Pengusaha tidak mengharapkan kandidat untuk memiliki setiap keterampilan yang mereka inginkan, itulah sebabnya mengapa mempekerjakan manajer harus mencari resume yang berlebihan.

Baca Juga: Cara Menulis Surat Pengantar

Menurut sebuah penelitian Careerbuilder dari sekitar 2.000 manajer perekrutan, 57 persen responden mengatakan kebohongan paling umum yang mereka tangkap dalam sebuah resume adalah seperangkat keterampilan tambahan.

Saat Anda menulis resume Anda, berhati-hatilah untuk tidak memasukkan kata kunci, keterampilan, atau pengalaman yang tidak benar-benar mencerminkan kemampuan Anda sebagai seorang profesional. Untuk menghindari kesalahan ini, sertakan kisah prestasi yang mendukung dengan setiap posisi.

3. Perkembangan karir secara keseluruhan

Manajer perekrutan ingin membaca resume yang menceritakan kisah tentang karir seorang kandidat. Kisah ini membantu mereka mengidentifikasi alasan mengapa Anda melamar posisi itu dan apakah Anda cocok atau tidak.

Baca Juga: Kekuatan dari Tiga: Pengetahuan Sebelumnya, Tujuan Membaca, dan Membaca Ulang 

Pastikan resume Anda menguraikan tanggung jawab utama yang Anda pegang di setiap posisi dan bagaimana mereka berkontribusi pada kesuksesan karir Anda secara keseluruhan. Gelar pekerjaan Anda juga harus memberi pemberi kerja gambaran tentang jenis pengalaman yang Anda miliki dari waktu ke waktu.

4. Personal branding dan kehadiran Anda secara online

Manajer perekrutan ingin melihat kehadiran web pribadi Anda karena memberi mereka kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang Anda sebagai kandidat. Survei Perekrutan Sosial Jobvite 2014 menemukan 73 persen pengusaha telah merekrut seorang kandidat melalui media sosial.

Baca Juga: 7 Cara Membaca Menguntungkan Otak Anda 

Sertakan tautan ke domain pribadi Anda atau portofolio online, akun Twitter, dan tautan ke profil LinkedIn Anda. Ini akan memudahkan pengusaha untuk mempelajari tentang bagaimana Anda menambahkan nilai pada industri Anda dan telah menciptakan suara profesional secara online.

Meskipun ini mungkin tampak seperti banyak, banyak manajer perekrutan akan mencerna informasi ini dalam 30 detik atau kurang. Dengan mengikuti tips ini, Anda akan membuat resume yang menonjol yang akan membuat Anda diperhatikan oleh pemberi kerja secara positif.

Baca Juga: 5 Cara Apa yang Anda Lakukan yang Dapat Mempengaruhi Kehidupan Anda