Membangun Keterampilan Membaca

8 Tips untuk Membantu Pelajar Membangun Keterampilan Membaca yang Lebih Baik

8 Tips untuk Membantu Pelajar Membangun Keterampilan Membaca yang Lebih Baik – Ternyata, penting untuk membangun keterampilan membaca yang lebih baik lho. Anda memastikan siswa Anda memahami kursus kelas? Membangun keterampilan membaca.

Baca Juga: Cara Memilih Format Resume Terbaik di 2019

Guru senang berbagi cerita favorit mereka dan pelajaran yang mereka sukai, tetapi membantu anak mengembangkan minat yang sama membutuhkan keterampilan membaca yang mendasar untuk memahami dan menikmati kurikulum.

Banyak anak melihat membaca sebagai tugas, terutama jika itu terkait dengan rencana pelajaran dan mempelajari informasi yang kompleks. Guru, orang tua, dan mentor dapat membantu menyalakan hasrat anak untuk membaca dengan memasukkan kegiatan yang berfokus pada pengembangan keterampilan membaca untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan.

Baca Juga: 4 Hal yang Dicari Perekrut pada Resume

Berikut adalah beberapa cara sederhana dan efektif untuk membantu siswa membangun keterampilan membaca untuk lebih memahami kurikulum kelas.

1. Buat keterangan dan tandai teks

Ajari siswa Anda untuk menandai dan menggaris bawahi informasi berharga ketika mereka membaca. Mintalah siswa menulis catatan pada halaman yang mereka baca untuk membantu mereka tetap fokus dan meningkatkan pemahaman.

Siswa juga dapat menuliskan pertanyaan saat mereka membaca untuk menerima lebih banyak penjelasan tentang konsep baru atau untuk mendefinisikan kata baru.

2. Personalisasi konten

Siswa dapat meningkatkan pemahaman mereka dengan melihat bagaimana materi terhubung dengan kehidupan mereka. Mintalah siswa Anda membuat hubungan pribadi dengan teks dengan menuliskannya di halaman.

Baca Juga: Cara Menulis Surat Pengantar

Anda juga dapat membantu siswa memahami teks dengan membantu mereka melihat hubungan dengan peristiwa terkini.

3. Praktekkan keterampilan memecahkan masalah

Campurkan keterampilan pemecahan masalah dunia nyata ke dalam kurikulum Anda. Mintalah siswa Anda menuliskan solusi untuk masalah dan bahas ide-ide mereka sebagai kelas atau dalam kelompok kecil.

4. Gunakan lebih banyak peran indera

Tambahkan kegiatan yang memperkuat pembelajaran dan pemahaman dengan menggunakan lebih banyak indera saat mereka membaca. Ingatkan siswa untuk membaca dengan pena atau pensil untuk membubuhi keterangan teks. Mintalah siswa Anda bergiliran membacakan dengan lantang. Gunakan proyektor untuk memandu pelajaran Anda dan tuliskan pertanyaan untuk mereka yang belajar visual.

5. Pahami tema umum

Mintalah siswa Anda untuk mencari contoh tema tertentu di seluruh bab untuk meningkatkan keterlibatan. Mintalah siswa membagikan temuan mereka dengan kelas untuk membantu siswa mempelajari tema tertentu secara lebih mendalam.

Baca Juga: Kekuatan dari Tiga: Pengetahuan Sebelumnya, Tujuan Membaca, dan Membaca Ulang 

6. Tetapkan tujuan membaca

Mintalah setiap siswa menetapkan tujuan membaca mereka sendiri. Ini dapat membantu mereka mengambil tindakan dalam membangun keterampilan membaca dan siswa akan lebih memperhatikan bagaimana mereka meningkat.

7. Baca dalam porsinya

Bacaan panjang dan kompleks bisa lebih mudah dicerna dengan memecah-mecahnya. Segmen yang lebih pendek akan membantu siswa menyimpan informasi ketika kelas membahas materi. Ini juga dapat membantu siswa membangun kepercayaan diri dalam memahami subjek yang kompleks.

Baca Juga: 8 Keuntungan dengan Bukti Sains dari Membaca Buku Nyata

8. Biarkan siswa membaca dengan cara mereka

Siswa-siswa Anda memproses bahan bacaan dan kurikulum dengan cara yang sangat berbeda. Ketika Anda menerapkan kegiatan membaca untuk membantu kelas Anda mempelajari materi yang rumit, Anda akan cara belajar apa yang paling baik untuk setiap siswa secara individual.

Baca Juga: 7 Cara Membaca Menguntungkan Otak Anda 

Ketika guru menerapkan lebih banyak kegiatan membaca ke dalam kursus kelas, siswa akan menemukan peningkatan dalam kosakata, keterampilan menulis, pemecahan masalah, konsentrasi, dan pengembangan kognitif untuk membantu membangun fondasi yang kuat untuk pembelajaran di masa depan.

Baca Juga: 5 Cara Apa yang Anda Lakukan yang Dapat Mempengaruhi Kehidupan Anda